Alat Berat

7 Gaji Operator Alat Berat di Berbagai Daerah Per Bulan

Jakarta, Zavierkonstruksi.com – Berapa gaji operator alat berat di berbagai daerah perbulan? lihat besaran gaji operator alat berat selengkapnya disini.

Sebuah eksplorasi dalam dunia operator alat berat di Indonesia membuka pintu rahasia gaji yang lebih besar dari yang bisa kita bayangkan.

Meskipun rata-rata take home pay operator alat berat mencapai Rp5,71 juta per bulan, kota Palembang muncul sebagai juara dengan take home pay tertinggi, mencapai Rp8,72 juta setiap bulannya.

Data menarik ini berasal dari situs pencarian kerja Indeed, yang mengumpulkan informasi dari laporan gaji karyawan serta mantan karyawan di bidang ini.

Namun, perlu diingat bahwa data ini bersumber dari individu yang menggunakan situs Indeed untuk melaporkan gaji mereka.

Gaji Operator Alat Berat di Berbagai Daerah

1. Palembang

Palembang memimpin dalam besaran gaji pokok operator alat berat dengan Rp8,72 juta per bulan.

2. Balikpapan

Balikpapan menempati posisi kedua dengan gaji pokok sebesar Rp6,60 juta per bulan.

3. Jambi

Jambi mengikuti di peringkat ketiga dengan gaji pokok sekitar Rp6,46 juta per bulan.

4. Tangerang

Tangerang menyusul di peringkat keempat dengan take home pay sekitar Rp6,03 juta perbulan

5. Jakarta

Jakarta, sebagai pusat aktivitas ekonomi, menyusul dengan besaran gaji pokok sebesar Rp5,39 juta per bulan.

6. Samarinda

Samarinda di peringkat keenam dengan take home pay sekitar Rp5,12 juta per bulannya.

7. Surabaya

Surabaya di peringkat ketujuh dengan besaran gaji operator alat berat sekitar Rp3,84 juta perbulannya.

Namun, jangan cepat berpuas diri dengan angka-angka tersebut. Operator alat berat memiliki potensi untuk mendapatkan pendapatan bulanan melebihi nilai take home pay yang tercatat.

Gaji tidak hanya terdiri dari gaji pokok, tetapi juga melibatkan uang lembur dan uang shift berdasarkan jam kerja mereka.

Menurut Ilmutambang.com, seorang operator excavator dapat memperoleh gaji antara Rp7 juta hingga Rp10 juta dengan 25 hari kerja dan lima hari libur.

Baca Juga : Berapa Gaji Operator Excavator Tambang? Yuk Intip Besarannya!

Sementara itu, gaji operator crane berkisar antara Rp9 juta hingga Rp15 juta dengan jadwal kerja 20 hari dan libur selama 10 hari.

Bagaimana dengan operator forklift? Mereka bisa mendapatkan gaji antara Rp5 juta hingga Rp7 juta, dengan jadwal kerja 25 hari dan lima hari libur.

Tidak hanya itu, akun Youtube Arthakharismasurabaya membagikan informasi menarik tentang gaji operator vibro, yang terdiri dari tiga komponen: uang shift, uang lembur, dan gaji pokok. Dengan 25 hari kerja, seorang operator vibro berpotensi menerima lebih dari Rp10 juta per bulan.

Lihat Juga : Harga Sewa Excavator PC 75

Namun, seperti halnya cuaca yang tidak dapat diprediksi, pendapatan dari uang shift dan uang lembur bisa bervariasi. Musim hujan, misalnya, dapat mempengaruhi operasional alat berat, memaksa operator hanya menerima take home pay pokok mereka.

Sebagai profesi yang tetap dicari di Indonesia, operator alat berat memainkan peran penting dalam pembangunan infrastruktur dan proyek pengelolaan sumber daya alam.

Mereka harus memiliki sertifikat dan melalui pelatihan intensif untuk menjalankan tugas mereka dengan aman dan menerapkan langkah-langkah pencegahan keselamatan kerja.

Dengan begitu, terungkaplah sedikit dari dunia gaji operator alat berat di Indonesia, di mana potensi pendapatan mereka bisa mencapai lebih dari Rp10 juta per bulan. Sebuah pandangan unik ke dalam keseharian mereka yang penuh tantangan, namun juga penuh peluang.

Related Articles

Back to top button